Selasa, 01 Juni 2010

kuningan kaya objek wisata

Pariwisata merupakan salah satu usaha jasa yang tidak mengenal resesi. Walaupun kondisi keamanan dan moneter di beberapa negara belum stabil, menurut WTO (Word Tourism Organization) tetap yakin bahwa pertumbuhan pariwisata dunia akan tumbuh cepat. Sebagai gambaran, jumlah wisatawan dunia pada tahun 1960-an yang berjumlah 69 juta orang pada tahun 2000-an telah mencapai 657 juta orang. Lembaga ini memperkirakan akhir tahun 2010 jumlah wisatawan antar negara akan mencapai 987 juta orang. Asia timur, termasuk didalam kawasan ASEAN dan asia selatan, memiliki rata – rata pertumbuhan yang relatif lebih tinggi (6,1%) dibanding eropa (4,4%).
Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki potensi sumber daya alam hayati tertinggi, memiliki peluang untuk ikut memperebutkan pasar pariwisata dunia. Kawasan konservasi yang kini tengah berjuang melawan laju perusakan hutan yang cukup tinggi, masih memiliki banyak keindahan alami dan kualitas lingkungan yang terjaga dengan baik. Kawasan – kawasan tersebut sangat potensial untuk dapat dikembangkan menjadi peluang pariwisata yang nantinya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menggerakan ekonomi wilayah, yang pada gilirannya akan memberikan perlindungan terhadap kawasan yang dimanfaatkan. Ditambah pula dengan menyajikan kekhasan hayati berikut budaya setempat melalui metode yang benar, kekayaan alam dan budaya indonesia tersebut akan terangkat dan apresiasi terhadap pelestarian lingkungan akan meningkat dikalangan wisatawan maupun masyarakat setempat.
Kuningan memiliki 39 potensi objek wisata diantaranya; Waduk Darma, Darmaloka, Talaga Remis, Balong Cigugur, Balong Cibulan dan Sumur Tujuh, Lembah Cilengkrang, Curug Landung, Curug Bangkong, Curug Ciputri, Curug Sidomba, Sitonjul, Gedung Perundingan Linggajati, Gedung Syahrir, Taman Purbakala Cipari, Linggarjati Indah, Sangkanurip Alami, Sanggariang, Buper Palutungan, Jalur Pendakian Palutungan, Arung Jeram Cisanggarum, Balong Dalem, Taman Makam Pahlawan Samudra, Balong Kembang, Situ Ciceureum, Air Panas Ciniru, Air Panas Ciangir, Air Panas Subang, Ged. Paseban Tri Panca Tunggal, Gua Indrakila, Gua Maria, Gunung Mayana, Buper Cibunar, Buper Cibeureum, Buper Paniis, Kebun Raya, Agra Cikanaga, Open Specie Gallery, Jalur Pendakian Linggajati, Buper Ciawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar